Pages

Selasa, 21 Januari 2014

Marah ? Ini Solusinya




Halo, apa kabar kalian ? Pastinya baik-baik saja dan semoga kita selalu dirahmati Allah SWT. Pada postingan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan pengertian dari marah dan tips-tips menghadapi orang yang sedang marah. Dan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara kita menghadapi kemarahan diri kita sendiri.
Sebenarnya sangat bervariasi cara menghadapi kemarahan diri kita sendiri, tergantung tipe-tipe orang tersebut. Nah, ini adalah tips bagaimana cara kita menghadapi kemarahan diri kta sendiri yang saya ambil dari beberapa sumber :
# Ketika kalian marah jangan mengatakan apa-apa. Jika kalian berbicara dalam rasa marah, kalian pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain. Namun jika kalian bisa menjaga untuk tetap diam, maka akan memberikan waktu untuk emosi kemarahan meninggalkan kalian. Bahkan Thomass Jefferson pernah mengatakan “Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”
# Acuhkan orang-orang yang berusaha membuat kita marah.
Biasanya, beberapa orang mungkin memiliki niat jahat dengan mencoba membuat kalain  marah dan mengambil kesenangan dari kalian. Namun jika kalain bisa mengacuhkan kata-kata mereka dan tidak merespon dengan cara apapun provokasi mereka, mereka akan kehilangan minat dan tidak mengganggu kalian di waktu mendatang.
# Mencari alasan untuk menghentikan kemarahan. Ketika kita marah, cobalah mencari alasanuntuk menghentikan kemarahan tersebut. Biasanya dengan mengingat tentang dampak-dampak negatif yang nantinya ditimbulkan akibat kemarahn kalian.
# Ketenangan lebih baik daripada kemarahan. Jika kalian menganggap ketenangan adalah sesuatu yang berharga daripada kemarahan maka otomatis kalian tidak akan membiarkan kemarahan tersebut ada pada diri kalian. Dan berusaha untk menghilngkan kemarahan tersebut.
# Fokus terhadap hal-hala yang lain. Misalkan ada seseorang yang membuat kalian marah, maka ingatlah hal-hal yang membuat anda bahagia. Hal tersebut adalah penangkal paling positif untuk hal yang negatif.
 # Tarik nafas dalam-dalam. Biasanya hal ini ampuh untuk mengurangi rasa kemarahan kalian. Hal ini akan membuat kalian lebih rileks.
# Cobalah tersenyum. Bila kita tersenyum maka mungkin saja bisa meredakan situasi yang tegang. Dan dengan senyum kemarahan kalian akan sedikit hilang.
            Nah, itu tadi adalah beberapa tips dari saya tentang. Sebenarnya semuanya tergantung bagaimana kalian mengahadapi kemarahan kalian sendiri, karena pada dasarnya semua orang itu berbeda-beda. Semoga postingan ini bisa bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar