Pages

Selasa, 21 Januari 2014

Mengatasi Orang yang Sedang Marah


Halo, apa kabar kalian ? Pastinya baik-baik saja dan semoga kita selalu dirahmati Allah SWT. Disini saya akan memberikan tips menghadapi orang yang sedang marah. Alasan saya ingin memberikan tips tersebut karena di dalam lingkungan terdekat saya, banyak orang yang pemarah. Saya-pun juga termasuk(hehe). Nah sebelum saya memberikan tips tersebut, mari kita pahami dulu pengertian dari marah yang saya dapatkan dari beberapa sumber :
# Menurut C.P. Chaplin, marah adalah reaksi emosional akut ditimbulkan oleh sejumlah situasi yang merangsang, termasuk ancaman, agresi lahiriah, pengekangan diri, serangan lisan, kekecewaan, atau frustrasi, dan dicirikan oleh reaksi kuat pada sistem syaraf otonomik, khususnya oleh reaksi darurat pada bagian simpatetik; dan secara implisit disebabkan oleh reaksi serangan lahiriah, baik yang bersifat somatis atau jasmaniah maupun yang verbal atau lisan.
# Para ahli psikologi modern memandang kemarahan sebagai
suatu emosi primer, alami, dan matang yang dialami oleh semua manusia pada suatu waktu, dan merupakan sesuatu yang memiliki nilai fungsional untuk kelangsungan hidup
            Pada dasarnya setiap orang di dunia ini pasti pernah marah dengan orang-orang sekitarnya. Sangat bermacam-macam oarang meluapkan amarah mereka sendiri. Sebenarnya cara mengatasinya tergantung bagaimana kebijaksanaan kalian menghadapi oarang yang sedang marah tersebut. Nah ini adalah beberapa tips-tips dari saya untuk mengatasi orang yang sedang marah :
 1. Tetap kalem (kalau bahasa jaman sekarang : woles), Jika ada orang berteriak-teriak karena marah kepada kalian, cobalah untuk tenang dan diam. Biasanya orang yang sedang marah tidak ingin mendapatkan tanggapan dari kalian. Jika kalian membalas, maka tanggapan kalian tersebut tidak akan didengar. Jadi kalian akan rugi dua kali, yang pertama emosi kalian meledak dan energi anda habis dan yang kedua tanggapan kalian tidak didengarkan.
2. Dengar dan biarkan orang itu berbicara. Orang yang sedang marah akan letih cepat atau lambat, itulah tujuan mereka yaitu ingin didengarkan dan supaya mereka dianggap penting oleh orang yang dimarahi. Maka biarkan orang tersebut marah dan meluapkan perasaannya.
3.  Tempatkan diri kalian (tahu diri), berusahalah untuk berpikiran positif dan tempatkanlah diri kalian di keadaan orang yang marah. Mungkin orang yang marah memang sedang berada di keadaan yang sulit sehingga tekanan ini yang membuatnya marah. Dengan berpikiran seperti ini, kalian tidak terpancing emosi dan bisa lebih tenang.
4. Tenangkan orang yang sedang marah,  mungkin kalian bisa menggunkan kata-kata yang mungkin bisa menenangkan hati orang yang sedang marah dan mungkin saja juga bisa meredakan kemarahan orang tersebut.
5. Jika kalian salah maka akuilah, minta maaf dan bertanggung jawab. Jangan malu untuk mengakui kesalahan.  Kalian bisa mengatakan “anda benar, saya salah, saya akan memperbaikinya”. Bahkan jika kalian  tidak salah, kalian bisa mengatakan “saya mungkin salah, coba kita lihat ini bersama-sama”. Kata-kata ini adalah kata-kata mujarab, dan dijamin orang yang sedang marah akan langsung tersenyum puas.
6. Jika keadaan memburuk, tinggalkanlah. Maksudnya apabila orang tersebut justru semakin marah dengan permintaan maaf kalian maka tinggalkan saja. Karena mungkin dengan cara tersebut orang yang sedang marah tersebut bisa sadar bahwa kalian telah melakukan segala cara untuk orang tersebut. Dan biasanya orang yang sedang marah membutuhkan waktu untuk merenungi apa yang mereka lakukan. Agar mereka juga menyadari kalau sebenarnya apa yang orang tersebut tidaklah bijaksana.
            Nah, inilah beberapa tips dari saya tentang mengatasi orang yang sedang marah. Sebenarnya semuanya tinggal bagaimana kebijaksanaan kalian dalam menghadapi orang yang sedang marah tersebut. Semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar